%0 Thesis %9 S1 %A NENENG KURNIATI %B Fakultas Bahasa Dan Seni %D 2012 %F UNY:1240 %I UNY %T KEEFEKTIFAN TEKNIK IMPROVISASI DALAM PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUG %U http://eprints.uny.ac.id/1240/ %X Penelitian dengan judul ''Keefektifan Teknik Improvisasi dalam Pembelajaran Bennain Peran Siswa Ke1as VIII SMP Negeri 1 Parakan, Kabupaten Temanggung" bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik improvisasi dalam pembelajaran bennain peran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parakan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara pembelajaran bennain peran siswa dengan menggunakan teknik improvisasi dan pembe1ajaran bennain peran siswa tanpa menggunakan teknik improvisasi. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parakan sebanyak 233 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling atau pengambilan sampe1 secara acak sederhana. Berdasarkan pengambilan sampel dengan teknik tersebut diperoleh dua kelas yaitu ke1as VIII-l sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yaitu pre-test dan post-test bennain peran. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah tes praktik bermain peran. Uji validitas instrumen dilakukan dengan berkonsultasi dengan ahlinya (Expert Judgment), sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Uji-t dengan memperhatikan syarat nonnalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan skor post-test kemampuan bennain peran siswa kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Hal ini terbukti dari hasil uji-t skor post-test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diketahui nilai thilung sebesar 5,646 dengan df 60 pada signifikasnsi 5% diperoleh nilai tl"",,1 2,000. Hasil tersebut menunjukkan Nilai til : 5,646 > ttb: 2,000 pada signifikasni 5~,'I:, yrme brrnrti non rerhedo.an kemampmm bennClin reran antara siswa kelompok eksperimen dengan siswa kelompok kontrol. Se1anjutnya untuk selisih hasil skor rata-rata post-test kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol yaitu 74,45 - 69,71 = 4,75 (47,5 %). Hasil yang menunjukkan skor kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol bermii pembelajaran bennain peran dengan menggunakan teknik improvisasi lebih efektif dibandingkan pembelajaran bennain peran tanpa menggunakan teknik . .. nnprOVlSaSI. Kata kunci: Keefektifan, Teknik Improvisasi, Kemampuan bennain Peran