%0 Journal Article %@ 978-979-96880-5-7 %A Eli, Rohaeti %D 2009 %F UNY:12385 %J Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 %K biodegradasi, laboratorium, pembelajaran, polimer, sumber belajar. %T BIODEGRADASI POLIMER HASIL SINTESIS DARI POLIOKSIETILEN GLIKOL DAN METILEN-4,4’- DIFENILDIISOSIANAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PERKULIAHAN KIMIA FISIKA POLIMER %U http://eprints.uny.ac.id/12385/ %X Perkuliahan Kimia Fisika Polimer umumnya dilaksanakan melalui pembelajaran di dalam kelas tanpa disertai dan didukung dengan metode laboratorium. Dengan demikian materi polimer khususnya penananaman konsep biodegradasi polimer akan menjemukan, tidak menarik untuk dipelajari, serta mudah dilupakan. Kondisi tersebut akan sangat mempengaruhi proses dan hasil pembelajaran biodegradasi polimer. Penggunaan media laboratorium sebagai sumber belajar diharapkan mampu meningkatkan proses dan hasil pembelajaran biodegradasi polimer. Sebagai upaya mengembangkan sumber belajar biodegradasi polimer dapat memanfaatkan bahan kimia yang ada di pasaran, yaitu polioksietilen glikol massa molekul dan metilen-4,4’-difenildiisosianat (MDI) sebagai bahan dasar untuk sintesis poliuretan. Pada kajian ini diungkapkan pemanfaatan biodegradasi poliuretan hasil sintesis dari PEG dan MDI sebagai alternatif sumber belajar biodegradasi polimer. Dengan memanfaatkan sumber belajar tersebut diharapkan mahasiswa akan memahami secara nyata pengertian biodegradasi polimer, teknik karakterisasi dalam biodegradasi polimer, serta karakter polimer akibat biodegradasi.