@article{UNY12371, title = {MENINGKATKAN KUALITAS PERKULIAHAN DI JURUSAN KIMIA FMIPA UNESA MELALUI KEGIATAN LESSON STUDY}, author = {Lutfi Achmad}, journal = {Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009}, month = {May}, year = {2009}, keywords = {lesson study, berbasis jurusan, kualitas perkuliahan}, url = {http://eprints.uny.ac.id/12371/}, abstract = {Guna meningkatkan kualitas perkuliahan di Jurusan Kimia FMIPA Unesa telah dilakukan kegiatan lesson study berbasis jurusan pada dua matakuliah yaitu Kimia Dasar dan Matakuliah Proses Belajar Mengajar II (MKPBM II) dengan melibatkan seluruh tim dosen kedua matakuliah tersebut. Kegiatan lesson study dilaksanakan mulai bulan 9 Pebruari hingga 30 April 2009 dengan tahapan plan, do dan see.Setiap matakuliah dilakukan 4 kali open lesson dan setelah open lesson diberikan angket kepada mahasiswa dan dosen yang terlibat serta dilakukan wawancana kepada sebagian mahasiswa yang mengikuti lesson study. Berdasar data dari angket mahasiswa memperlihatkan bahwa mahasiswa berpendapat cara dosen mengajar berbeda dari biasanya ( 77 \%) dan sebanayak 94\% menyatakan kegiatan perkuliahan lebih menyenangkan dari sebelumya, serta sebesar 82 \% menyatakan setuju perkuliahan yang baru dilakukan diulang pada perkulihan berikutnya. Demikian juga hasil angket terhadap dosen yang terlibat sebagai obsever dan sebagai dosen model menunjukkan bahwa keseluruhan dosen (100\%) menyatakan lesson study yang dilaksanakan tidak sama (berbeda) dengan pelatihan yang lain, sebesar 75 \% dosen menyatakan mengikuti lesson study dengan antusias dan berkeinginan mengikuti lagi/terus kegiatan tersebut serta 75 \% dosen setuju ingin menjadi dosen model dan 25 \% menyatakan sangat setuju ingin menjadi dosen model. Hasil wawancara terhadap 5-6 mahasiswa memperlihatkan bahwa sebagian besar mahasiswa merasa tidak terganggu adanya kehadiran dosen sebagai observer selama kegiatan do (perkuliahan), namun mahasiswa menambahkan, agak terganggu bila observer mondar-madir di depan ruang kuliah. Juga sebagian mahasiswa menjawab justru kehadiran dosen sebagai observer dapat memotivasi belajar dan tidak mengantuk terutama pada posisi di belakang. Atas dasar data tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan lesson study berbasis jurusan di Jurusan Kimia FMIPA Unesa dapat meningkatkan kualitas perkuliahan.} }