TY - JOUR TI - PERMAINAN HALMA DALAM PEMBELAJARAN KONSEP SEBAGAI UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA KARYA MULIA SURABAYA AV - public N2 - Perhatian terhadap pendidikan anak tunarungu baik dari pihak pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun dari pihak masyarakat masih perlu ditingkatkan. Agar tidak terjadi diskriminasi yang besar, maka peneliti mencoba memberi inovasi baru dengan melakukan penerapan model pembelajaran konsep dengan metode permainnan halma pada pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah (1)mendiskripsikan keberhasilan pengelolaan kelas dalam memberikan materi fisika untuk siswa tuna rungu SMALB dengan menggunakan model pembelajaran konsep dengan metode permainan halma, (2)mendiskripsikan ketuntasan belajar siswa, (3)mendiskripsikan respon siswa tuna rungu SMALB terhadap materi fisika pada model pembelajaran konsep dengan metode permainan halma. Desain penelitian menggunakan PTK dengan 3 kali siklus. Sasaran penelitian sebanyak 11 siswa dalam satu kelas. Dari hasil penelitian didapat data sebagai berikut: Penilaian lembar pengamatan dalam tiap aspek pada pembelajaran konsep yaitu pada Aspek I (Pendahuluan) secara keseluruhan mendapat nilai rata-rata 3,06 termasuk katagori cukup baik, aspek II (Kegiatan Inti / pelaksanaan) nilai rata-ratanya adalah 3,12 termasuk dalam katagori cukup baik, aspek III (penutup) nilai rata-rata adalah 3,00 dengan katagori cukup baik, aspek IV (Pengelolaan Waktu) dengan nilai rata-rata 2,78 kategori cukup baik, aspek V (Pengamatan suasana Kelas) nilai rata-rata 3,28 dengan katagori cukup baik. Ketuntasan siswa selama proses belajar pada putaran I diperoleh nilai secara klasikal 55,6 % , Putaran II 77% , dan pada putaran III 79,0%. Dari angket respon pada putaran I, II, III diperoleh dukungan setuju bahwa model pembelajaran konsep dengan metode permainan halma dapat membantu meningkatan ketuntasan belajar khususnya pada anak tunarungu. SN - 978-979-96880-5-7 Y1 - 2009/05/16/ KW - permainan halma KW - pembelajaran konsep KW - kesulitan belajar KW - SMALB JF - Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 UR - http://eprints.uny.ac.id/12370/ ID - UNY12370 A1 - Dwikoranto, - ER -