TY - JOUR SN - 978-979-96880-5-7 ID - UNY12345 KW - Critical Thinking KW - Problem Based Learning KW - Pembelajaran Sains A1 - Asri, Widowati N2 - Kajian ini bertujuan menggali bagaimana pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Pada dasarnya, diskusi ini difokuskan pada model PBL sebagai suatu upaya dalam mengembangkan kemampuan kognitif, terutama berpikir kritis (critical thinking). Critical thinking termasuk kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order of thinking) yang merupakan salah satu komponen dalam isu kecerdasan abad ke-21 (The issue of 21st century literacy). Pengembangan kemampuan critical thinking dalam pembelajaran sains sangat penting karena kemampuan tersebut digunakan dalam berbagai aspek kehidupan manusia sehari-hari. Suatu alternatif model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan critical thinking adalah Problem Based Learning (PBL). Y1 - 2009/05/16/ UR - http://eprints.uny.ac.id/12345/ AV - public TI - PENGEMBANGAN CRITICAL THINKING MELALUI PENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN SAINS JF - Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 ER -