<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "DESKRIPSI PELAKSANAAN PENGGABUNGAN LS DAN PTK \r\nOLEH MAHASISWA PROGRAM SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN \r\nMELALUI JALUR PENDIDIKAN"^^ . "Lesson Study (LS) dapat diartikan suatu model pembinaan profesi pendidik \r\nmelalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan \r\nprinsip-prinsip kolegialitas dan mutual learning untuk membangun learning community. \r\nImplementasi LS di Indonesia masih sangat baru, yaitu mulai tahun 2005 di tiga \r\nuniversitas (UPI, UNJ dan UM) melalui Program IMSTEP JICA. LS memiliki tiga \r\nkegiatan utama, yaitu perencanaan (Plan), pelaksanaan (Do), dan melihat/refleksi (See). \r\nDesain LS yang baik menghasilkan guru yang professional dan inovatif sehingga \r\nkualitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa meningkat. Penelitian Tindakan \r\nKelas (PTK) adalah kegiatan penelitian yang dilaksanakan oleh guru untuk \r\nmemecahkan masalah pembelajaran di kelas dengan suatu tindakan pembelajaran \r\n(instruksional) sehingga kualitas pembelajaran siswa menjadi baik (efektif dan efisien). \r\nPTK terdiri dari siklus-siklus yang mana tiap siklus meliputi tahapan perencanaan \r\n(Plan), tindakan (Act), pengamatan (Observe), dan refleksi (Reflect). Ide pertama \r\npenggabungan LS dan PTK diterapkan pada mahasiswa program sertifikasi guru dalam \r\njabatan melalui jalur pendidikan angkatan pertama 2008 pada matakuliah Pemantapan \r\nKemampuan Mengajar (PKM) selama 2 bulan mahasiswa melakukan praktik mengajar \r\ndi sekolah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif model survei. Data pelaksanaan \r\npenggabungan LS dan PTK mahasiswa didapatkan melalui dua cara, yaitu sharing \r\nseminggu sekali di kampus dan penyebaran angket di akhir kegiatan. Data dianalisis \r\nsecara deskriptif kuantitatif. Berikut adalah deskripsi hasil analisis data pelaksanaan \r\npenggabungan LS dan PTK mahasiswa. (1) Mahasiswa sebanyak 61,5% belum pernah \r\nmelakukan LS, dan sebanyak 69,2% pernah melakukan PTK dengan rata-rata 2 kali. (2) \r\nPelaksanaan LS sebagai bagian dari PTK sebanyak 72,7%. (3) Pelaksanaan PTK ratarata\r\n 2 siklus sebanyak 76,9% dengan 2 pertemuan setiap siklus sebanyak 61,5%. (4) \r\nPlan LS dilakukan sebanyak 88,5% bersama mahasiswa, guru mitra, guru IPA, dan \r\ndosen. (5) Observer Do LS dilakukan sebanyak 69,2% oleh mahasiswa, guru mitra, \r\nguru IPA, dan dosen. (6) Posisi observer Do LS dilakukan sebanyak 65,4% dengan \r\nberdiri pada posisi yang dapat melihat raut muka siswa dan sekali waktu mendekat ke \r\nsiswa. (7) Fokus utama observasi Do LS sebanyak 63,8% pada aktivitas dan kreativitas \r\nbelajar murid, dan cara siswa belajar kelompok dan berkooperasi. (8) See LS sebanyak \r\n59,4% dilakukan langsung setelah Do LS. (9) Dukungan sekolah (guru mitra, guru IPA, \r\ndan pimpinan sekolah) tehadap pelaksanaan gabungan LS dan PTK sebanyak 89,7% \r\nsangat bagus atau bagus. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggabungan LS \r\ndan PTK pada program tersebut adalah cukup optimal. Penggabungan LS dan PTK juga \r\nsedang dilakukan oleh mahasiswa program sertifikasi angkatan kedua tahun 2009. \r\nHampir mirip dengan penggabungan LS dan PTK, pada semester II 2008/2009 ini \r\nFMIPA UM menerapkan pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berbasis LS \r\ndi sekolah pada mahasiswa reguler prodi pendidikan semester terakhir."^^ . "2009-05-16" . . . "Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009"^^ . . . "9789799688057" . . . . . . . "-"^^ . "Drs. Parno, M.Si"^^ . "- Drs. Parno, M.Si"^^ . . . . . . "DESKRIPSI PELAKSANAAN PENGGABUNGAN LS DAN PTK \r\nOLEH MAHASISWA PROGRAM SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN \r\nMELALUI JALUR PENDIDIKAN (Text)"^^ . . . "J_Pend_Fis_Parno1.pdf"^^ . . . "DESKRIPSI PELAKSANAAN PENGGABUNGAN LS DAN PTK \r\nOLEH MAHASISWA PROGRAM SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN \r\nMELALUI JALUR PENDIDIKAN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "DESKRIPSI PELAKSANAAN PENGGABUNGAN LS DAN PTK \r\nOLEH MAHASISWA PROGRAM SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN \r\nMELALUI JALUR PENDIDIKAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "DESKRIPSI PELAKSANAAN PENGGABUNGAN LS DAN PTK \r\nOLEH MAHASISWA PROGRAM SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN \r\nMELALUI JALUR PENDIDIKAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "DESKRIPSI PELAKSANAAN PENGGABUNGAN LS DAN PTK \r\nOLEH MAHASISWA PROGRAM SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN \r\nMELALUI JALUR PENDIDIKAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "DESKRIPSI PELAKSANAAN PENGGABUNGAN LS DAN PTK \r\nOLEH MAHASISWA PROGRAM SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN \r\nMELALUI JALUR PENDIDIKAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #12339 \n\nDESKRIPSI PELAKSANAAN PENGGABUNGAN LS DAN PTK \nOLEH MAHASISWA PROGRAM SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN \nMELALUI JALUR PENDIDIKAN\n\n" . "text/html" . . . "Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009" . .