TY - JOUR ID - UNY12333 KW - Pendekatan Inquiry KW - Pembelajaran Sains KW - Divergent Thinking SN - 978-979-96880-5-7 Y1 - 2009/05/16/ N2 - Penelitian ini bertujuan mengetahui aspek divergent thinking yang muncul atau yang berkembang pada kelompok mahasiswa selama mengikuti pembelajaran mata kuliah Pendidikan Sains dengan menggunakan pendekatan inquiry. Penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif dengan strategi penelitian observasi simulasi. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi divergent thinking. Adanya indikasi belajar bermakna diungkap dari observasi saat pembelajaran, analisis hasil laporan eksperimen secara tertulis ataupun lisan. Pendekatan inquiry juga dapat mengoptimalkan kualitas pembelajaran. Dari pengamatan identifikasi aspek divergent thinking diperoleh hasil bahwa kemampuan divergent thinking mahasiswa dapat dikembangkan dengan cukup baik melalui penerapan pendekatan inquiry. A1 - Asri, Widowati AV - public TI - UPAYA PENGOPTIMALISASIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN SAINS DAN IDENTIFIKASI ASPEK DIVERGENT THINKING DENGAN PENDEKATAN INQUIRY UR - http://eprints.uny.ac.id/12333/ JF - Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 ER -