%0 Thesis %9 S1 %A M. Y. Arafat Zakaria %B Fakultas Bahasa Dan Seni %D 2012 %F UNY:1232 %I UNY %T UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DENGAN MEDIA PETA “JIKA AKU MENJADI...” SISWA KELAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MEDIA PETA KONSEP TAYANGAN TELEVISI “JIKA AKU MENJADI...” TRANS TV PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SMAN 2 WONOSARI GUNUNG KIDUL %U http://eprints.uny.ac.id/1232/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas XI IPA 2 SMAN 2 Wonosari Gunung Kidul melalui media peta konsep tayangan “Jika Aku Menjadi...” Trans TV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMAN 2 Wonosari. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 yang terdiri atas 24 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti bersama guru bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, penilaian keterampilan menulis, angket, wawancara dengan guru dan siswa, pedoman penskoran yang dianalisis secara kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis secara deskripsi kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilihat dari analisis data proses dan analisis data produk atau hasil. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (hasil, proses, demokratis dan dialogis) dan reliabilitas (angket, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi foto). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis naskah drama melalui media peta konsep tayangan “Jika Aku Menjadi...” Trans TV dapat meningkatkan pembelajaran menulis khususnya menulis naskah drama pada siswa kelas XI IPA 2 SMAN 2 Wonosari Gunung Kidul. Peningkatan pembelajaran menulis siswa tampak pada kualitas proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh keaktifan dan antusias siswa ketika melakukan penulisan sehingga dapat menciptakan suasana diskusi yang aktif dan menyenangkan bagi siswa. Keantusiasan tersebut terlihat dari keaktifan siswa dalam bertanya pada diskusi baik diskusi penulisan maupun diskusi evaluasi. Siswa terlihat aktif selama penelitan berlangsung, hal ini dilihat dari kegiatan pembelajaran dua arah yang aktif tidak hanya dari guru namun terliihat beberapa siswa memberikan tanggapan dan sanggahan dalam proses pembelajaran, siswa mencatat hal-hal yang penting dari penjelasan guru menengenai naskah drama, keseriusan siswa dalam menulis dan pada saat pemutaran tayangan seluruh siswa dapat menyimak tayangan dengan seksama tanpa berbicara diluar konteks pembelajaran. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan skor dari hasil sebelum pelaksanaan tindakan dan setelah pelaksanaan tindakan. Rata-rata nilai kemampuan menulis naskah drama siswa dari siklus I sebesar 39,83 atau 6,64 dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 45,58 atau 7,60. Jadi, peningkatan kemampuan menulis naskah drama siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 14,46%. Dari kegiatan pretes ke siklus I kemudian diperbaiki ke siklus II total peningkatan adalah 31,26%.