TY - JOUR N2 - Matematika adalah satu mata pelajaran yang dianggap sulit bahkan oleh sebagian pelajar dianggap menakutkan. Demikian itu terjadi karena adanya rasa takut akan matematika yang mendekam dalam fikiran (Buxton, 1984:1). Rasa takut ini terjadi dikarenakan adanya Mind in Chaos (Buxton, 1984:85), yaitu suatu kesan negatif yang dibiarkan terjadi sejak mereka masih kecil, yang pada akhirnya hingga dewasa kesan negatif tersebut, yang menyatakan bahwa matematika itu sulit dan menakutkan tetap tertanam. Salah satu saran yang diajukan untuk mengatasinya adalah melalui permainan dan pengalaman menarik lain yang terkait dengan matematika. Metode penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan atau R & D (Research and Development). Dengan mendapat bantuan expert judgement dari: 1).Dr. Budi Koestoro (Program Magister Pendidikan UNILA), 2).Drs. Edi Prajitno, M.Pd (FMIPA UNY) dan 3).Drs. Yuyu Yuhana, M.Si (FKIP Untirta) dengan percobaan lapangan di SDN Wadasari, Kabupaten Serang, Propinsi Banten. Hasil penelitian adalah board game matematika yang menyajikan permainan dan pengalaman menarik terkait dengan matematika bagi siswa sekolah dasar. UR - http://eprints.uny.ac.id/12284/ JF - Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 Y1 - 2009/05/16/ KW - mind in chaos KW - board game KW - siswa sekolah dasar ID - UNY12284 SN - 978-979-96880-5-7 AV - public TI - PENGEMBANGAN BOARD GAME MATEMATIKA DI SD NEGERI WADASARI, KABUPATEN SERANG A1 - Maman, Fathurrohman A1 - Hepsi, Nindiasari A1 - Ilmiyati, Rahayu ER -