TY - JOUR SN - 978-979-96880-5-7 AV - public A1 - Kadir, S.Pd., M.Si., - TI - MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMP MELALUI PENGGUNAAN MASALAH KONTESTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA JF - Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 Y1 - 2009/05/16/ KW - keterampilan sosial KW - masalah kontekstual KW - pembelajaran kontekstual ID - UNY12279 UR - http://eprints.uny.ac.id/12279/ N2 - Artikel ini membahas tentang apa, mengapa, dan bagaimana mengembangkan keterampilan sosial siswa SMP dalam pembelajaran matematika. Keterampilan ini sangat penting dikembangkan untuk siswa SMP karena kondisi transisi perkembangan psikologi dan fisik mereka memerlukan pola interaksi yang normatif. Jika siswa pada usia seperti ini tidak memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk beradaptasi dengan lingkungannya secara baik, maka berbagai permasalahan kehidupan akan dihadapinya dengan kesiapan mental yang rendah. Akibatnya, terjadi berbagai bentrok mental psikis pada dirinya yang mengarah pada kegiatan yang tidak bermanfaat baik bagi dirinya maupun bagi orang lain di sekitarnya. Melalui pengembangan keterampilan sosial, siswa diharapkan terampil dalam berhubungan dengan orang lain, terampil secara akademik, terampil dalam mengontrol dan mengarahkan dirinya, terampil dalam mematuhi segala aturan yang berlaku, dan terampil dalam menyatakan sesuatu yang dipandang benar secara tegas. Pertanyaannya adalah apakah keterampilan ini dapat dikembangkan dalam pembelajaran matematika yang serba simbolik? Bagaimana mengembangkannya dalam pembelajaran matematika? Artikel ini ditulis untuk menjawab permasalahan tersebut. Di samping itu, juga untuk memberikan pengalaman nyata kepada siswa dan guru bahwa dalam pembelajaran matematika dapat dikembangkan berbagai aspek positif kehidupan terutama terkait dengan pentingnya mengembangkan pola interaksi komunikatif yang normatif antar individu di kelas. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kontekstual pesisir. ER -