TY - JOUR AV - public TI - STUDI TERHADAP PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN MIPA DI INDONESIA N2 - Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pengajaran telah menjadi issu penting dalam beberapa tahun terakhir dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu penggunaan TIK tersebut adalah sebagai alat bantu pembelajaran yaitu dalam bentuk multimedia interaktif. Pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif berkembang atas dasar pembelajaran konvensional yang tidak bisa memenuhi kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran. Multimedia interaktif ini dapat menjadi suplemen dan komplemen dalam pembelajaran yang mewakili sumber?sumber belajar. Multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Multimedia interaktif telah banyak dibuat dan digunakan dalam pembelajaran MIPA di Indonesia. Dalam tulisan ini akan dilakukan studi terhadap penggunaan multimedia interaktif tersebut dalam pembelajaran pada bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam, untuk melihat perkembangan, metode pengembangan, kelemahan dan hasil yang telah dicapai.. SN - 978-979-96880-5-7 Y1 - 2009/05/16/ JF - Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 KW - Pembelajaran berbantuan komputer KW - Multimedia KW - interaktif KW - TIK UR - http://eprints.uny.ac.id/12278/ ID - UNY12278 A1 - Jaidan, Jauhari ER -