TY - JOUR JF - Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 UR - http://eprints.uny.ac.id/12276/ AV - public TI - PENEMUAN TERBIMBING DALAM PEMAHAMAN KONSEP A1 - Herry, Agus Susanto Y1 - 2009/05/16/ N2 - Tujuan pembelajaran matematika adalah (1) mengembangkan kemampuan memecahkan masalah, (2) mengembangkan kemampuan berpikir, (3) mengembangkan sikap positip, (4) mengembangkan pemahaman konsep dan (5) mengembangkan kemampuan kerjasama dan berkomunikasi. Tujuan ini juga bagi pembelajaran kepada mahasiswa. Dalam tulisan ini akan sedikit diuraikan tentang penemuan terbimbing dalam pemahaman konsep. Pemahaman konsep berkaitan dengan bagaimana siswa memahami konsep yaitu aktifitas mental yang dilakukan oleh siswa dalam mengakitkan antar pengetahuan-pengetahuan yang ada ke dalam jaringan pengetahuan. Mengkaitkan jaringan pengetahuan yang ada, akan lebih memberikan makna, apabila dilakukan dengan aktifitas menemukan sendiri oleh siswa. Namun karena siswa masih dalam taraf perkembangan, perlu untuk dibimbing dalam proses penemuan selama pembelajaran. Inilah yang penting dipahami oleh guru dan siswa. SN - 978-979-96880-5-7 KW - penemuan terbimbing KW - pemahaman konsep. ID - UNY12276 ER -