%0 Journal Article %@ 978-979-96880-5-7 %A Ety, Tejo Dwi Cahyowati %D 2009 %F UNY:12268 %J Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 %K asesmen alternatif, jurnal matematika, refleksi diri %T PENERAPAN JURNAL MATEMATIKA UNTUK MENDORONG KEMAMPUAN MEREFLEKSI DIRI SISWA SECARA TERTULIS %U http://eprints.uny.ac.id/12268/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana jurnal matematika yang dapat mendorong kemampuan siswa dalam merefleksi diri secara tertulis sebagai salah satu bentuk asesmen alternatif. Penelitian dilaksanakan pada semester gasal 2007/2008 dengan subjek penelitian 46 siswa kelas 8B SMP Laboratorium UM. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari enam siklus yang masing-masing mempunyai tahapan perencanaan (rencana pembelajaran, disain jurnal matematika, dan lembar observasi), implementasi tindakan, analisis,dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah jurnal matematika yang dapat mendorong kemampuan siswa dalam merefleksi diri secara tertulis.