%0 Journal Article %@ 978-979-96880-5-7 %A Ety, Tejo Dwi Cahyowati %D 2009 %F UNY:12266 %J Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 %K konflik kognitif, skema, asimilasi, akomodasi, ekuilibrium %T MATEMATIKA MELALUI KONFLIK KOGNITIF %U http://eprints.uny.ac.id/12266/ %X Belajar merupakan pengintegrasian informasi ke dalam skema yang telah dimliki seseorang. Pengintegrasian ke dalam skema dapat terjadi melalui kerangka kerja asimilasi-akomodasi-ekuilibrium. Seseorang tidak selalu dapat mengintegrasikan informasi melalui asmilasi secara langsung. Pembelajaran melalui konflik kognitif dapat memfasilitasi siswa yang tidak dapat secara langsung melakukan asimilasi. Konflik kognitif terkait dengan terjadinya suatu ketidakpuasan pada aktivitas mental atau kognitif seseorang. Melalui konflik kognitif, siswa dapat merefleksi persepsinya hingga terjadi ekuilibrium pada skemanya.