eprintid: 12260 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3 dir: disk0/00/01/22/60 datestamp: 2015-03-04 02:24:28 lastmod: 2019-03-09 07:43:48 status_changed: 2015-02-26 02:52:15 type: article metadata_visibility: show creators_name: Agung, Hartoyo title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL REALISTIK BERBASIS UNSUR LOKAL BERACUAN KURIKULUM 2006 PADA PENGUASAAN STANDAR MATERI ispublished: pub subjects: semnaspppm2009 divisions: fmipa_jurdik_math_math divisions: fmipa_jurdik_math_pend_math full_text_status: public keywords: Efektivitas, pembelajaran matemátika kontekstual-realistik, ES abstract: Kurikulum 2006 mengamanatkan kepada guru agar memperhatikan kondisi alam, situasi sosial dan budaya serta kekayaan daerah untuk diber-dayakan dalam merancang pembelajaran matematika sedemikian sehingga para siswa dapat belajar sebagaimana ilmuwan menemukan pengetahuan dari masalah-masalah yang dihadapinya. Dalam penelitian ini, unsur-unsur lokal yang telah dikenali oleh siswa dikembangkan sebagai bahan pembelajaran matematika kontekstual realistik dan masalah-masalah matematika sehingga para siswa belajar sesuai dengan pengalamannya. Hasil penelitian percobaan pada siswa SMP di Pontianak ini menghasilkan Effect Size (ES) sebesar 0.6191 dalam kategori sedang. Besarnya sumbangan pembelajaran matemátika kon-tekstual-realistik pada kemampuan siswa ádalah sebesar 23,24 %. date: 2009-05-16 date_type: published publication: Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 refereed: TRUE issn: 978-979-96880-5-7 citation: Agung, Hartoyo (2009) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL REALISTIK BERBASIS UNSUR LOKAL BERACUAN KURIKULUM 2006 PADA PENGUASAAN STANDAR MATERI. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7 document_url: http://eprints.uny.ac.id/12260/1/M_Pend_3_Agung%20Hartoyo.pdf