TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/1221/ AV - public TI - HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA TAJUK RENCANA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI KOTA YOGYAKARTA YANG BERKATEGORI SEDANG ID - UNY1221 M1 - skripsi A1 - Evi Rahmawati PB - UNY Y1 - 2012/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tingkat kebiasaan membaca tajuk rencana; (2) mendeskripsikan tingkat kemampuan menulis argumentasi; (3) menguji hubungan antara kebiasaan membaca tajuk rencana dengan kemampuan menulis argumntasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 5 sekolah dengan jumlah kelas 38. Sampel penelitian ini diambil sebesar 50% sehingga didapat sampel sebesar 19 kelas dengan jumlah siswa 494. Teknik penyampelan yang digunakan adalah Proportional Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan tes tulis. Uji persyaratan analisis digunakan uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: (1) kebiasaan membaca tajuk rencana siswa kelas XI SMA Negeri Yogyakarta yang berkategori sedang dengan jumlah siswa 494 dapat diketahui bahwa sebanyak 447 siswa (90,5%) berada pada kategori sedang, 14 siswa (2,8%) berada pada kategori tinggi, dan 33 siswa (6,7%) berada pada kategori rendah; (2) kemampuan menulis argumentasi siswa kelas XI SMA Negeri Yogyakarta yang berkategori sedang dengan jumlah siswa 494 dapat diketahui bahwa sebanyak 375 siswa (75,9%) berada pada kategori sedang, 106 siswa (21,5%) berada pada kategori tinggi, dan 13 siswa (2,6%) yang berada pada kategori rendah ; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca tajuk rencana dengan kemampuan menulis argumentasi siswa kelas XI SMA Negeri Yogyakarta yang berkategori sedang sebesar 6,93 dengan r hitung 0,693 dan r tabel (n= 500) adalah 0,115 pada taraf koefisiensi 1%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tajuk rencana dengan karangan argumentasi mempunyai hubungan timbal balik. Hal ini dikarenakan dalam tajuk rencana pasti terdapat argumentasi yang menjadi dasar dalam sebuah tajuk rencana. ER -