%0 Journal Article %@ 978-979-96880-5-7 %A Agus, Priyono %A Edy, Widodo %D 2009 %F UNY:12175 %J Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 %K Notebook, Middle-end, Preferensi, Analisis Conjoint %T ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KOMBINASI ATRIBUT PRODUK NOTEBOOK DENGAN PENDEKATAN METODE ANALISIS CONJOINT (Studi Kasus di Jurusan Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia) %U http://eprints.uny.ac.id/12175/ %X Perkembangan bidang teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat dan selalu menuntut manusia untuk dapat mengikutinya. Notebook merupakan salah satu produk yang sangat populer di bidang teknologi, karena memiliki spesifikasi yang lengkap dan mudah untuk dibawa ketika bepergian. Namun untuk mendapatkan produk notebook konsumen tidak dapat memilih sesuai dengan keinginannya, karena spesifikasi notebook sudah ditentukan oleh produsen. Oleh karena itu, pendekatan terhadap konsumen menjadi syarat yang penting agar produk dapat diterima oleh konsumen. Untuk mengetahui tentang preferensi dari konsumen tersebut dapat menggunakan metode Analisis Conjoint. Metode Analisis Conjoint pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sebenarnya produk notebook yang paling diminati oleh konsumen dengan cara mengangkat atribut faktor dan subfaktor yang dianggap penting oleh konsumen dalam memilih sebuah produk notebook. Dengan Analisis Conjoint pada penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa kombinasi produk notebook kelas middle-end yang sesuai dengan selera konsumen adalah produk notebook dengan harga Rp. 5,00 juta – Rp. 5,50 juta, mempunyai merek HP, memiliki daya tahan baterai 4 jam, kapasitas hard disk 80GB, memakai processor Intel, menggunakan memory (RAM) 512MB dan. sistem operasi memakai windows.