%I Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta %J Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 %T TEKNIK-TEKNIK ASESMEN YANG DIKEMBANGKAN DALAM PENDIDIKAN GURU BIOLOGI %L UNY12164 %K teknik asesmen, pendidikan guru biologi %X Telah dilakukan penelitian tentang teknik-teknik asesmen yang dikembangkan dalam pendidikan guru biologi. Penelitian ini dilatarbelakangi atas pentingnya asesmen di LPTK sebagai model asesmen bagi calon guru. Studi deskriptif dilakukan di salah satu universitas pendidikan di Indonesia melalui wawancara dengan mahasiswa, angket, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan dengan bantuan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik asesmen yang paling banyak dikembangkan dalam matakuliah di LPTK adalah tes essay, penilaian tugas, serta kombinasi tes selected response dan essay. Asesmen kinerja dikembangkan pada sebagian (50 %) matakuliah kependidikan. Penilaian tugas pada umumnya belum memiliki rubric penilaian. Terdapat sebagian kecil matakuliah (8%) yang telah mengembangkan tes performance dalam menilai kemampuan praktikum mahasiswa. Beberapa matakuliah dapat menjadi model asesmen yang otentikbagi calon guru biologi. Kata kunci : teknik asesmen, pendidikan guru biologi %A M.Pd. Dr. Ana Ratna Wulan