TY - JOUR ID - UNY12144 KW - Pembelajaran efektif KW - Awetan serangga dalam resin KW - Ciri-ciri Insekta SN - 978-979-96880-5-7 Y1 - 2009/05/16/ N2 - Tulisan ini dirangkum dari hasil penelitian yang berkolaborasi dengan guru SMP N 2 Ngemplak Sleman. Siswa di sekolah tersebut mengalami kesulitan dalam belajar tentang Ciri-ciri Insekta. Kesulitan terjadi terutama karena tidak semua fase insekta yang digunakan sebagai obyek pembelajaran, dapat ditemukan dalam waktu yang sama. Banyak siswa salah dalam mengidentifikasi serangga dalam bentuk fase muda. Untuk mengatasi hal itu, awetan insekta dalam resin dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena mudah dilakukan, mudah digunakan, mudah disimpan, dapat menampilkan semua fase insekta, dan tidak mengubah ciri insekta. Awetan Insekta dalam resin dipergunakan untuk pembelajaran materi tersebut, dengan menggunakan 68 siswa kelas VII. Sebelum pembelajaran dilakukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Setelah pembelajaran dilakukan post tes untuk mengetahui capaian kognitif siswa. Effect size diukur melalui selisih skor pre test dan pos test. Capaian post tes dibandingkan dengan Standar Ketuntasan Minimal(SKM). Selama pembelajaran juga diamati bagaimana proses pembelajaran berlang, terutama dalam hal peningkatan motivasi belajar dan kemampuan konsepsualisasi materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Ciri-ciri Insekta dengan media awetan serangga dalam resin, cukup efektif. Hal itu dapat ditunjukkan dengan kenyataan bahwa pembelajaran dapat diselesaikan sesuai dengan alokasi waktu tersedia (2 X40 menit) dan tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 91%, dengan SKM 7,0, (effect size 3.55). Selain itu pembelajaran dengan awetan Insekta dalam resin juga meningkatkan motivasi dan membantu konsepsualisasi siswa. A1 - Triatmanto, - A1 - Hewi, Murdaningsih PB - Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta AV - public TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN CIRI-CIRI INSEKTA MENGGUNAKAN SPESIMEN AWETAN DALAM RESIN UR - http://fmipa.uny.ac.id JF - Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 ER -