%0 Journal Article %@ 978-979-96880-5-7 %A Raharjo, - %D 2009 %F UNY:12129 %I Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta %J Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 %K investigasi kelompok, pengajaran berdasarkan masalah, hasil belajar kognitif %T PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INVESTIGASI KELOMPOK DAN PENGAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA. %U http://eprints.uny.ac.id/12129/ %X Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe investigasi kelompok dan Pengajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Candi, SMPN 3 Sidoarjo, SMPN 1 Porong, SMPN 2 Tanggulangin, SMPN 1 Jabon dan SMPN 2 Buduran. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) Tidak ada perbedaan hasil belajar kognitif pada setiap pokok bahasan yang telah dipelajari oleh siswa. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Investigasi kelompok dengan Pengajaran berdasarkan masalah. (3)Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif sebagai pengaruh dari interaksi antara kategori sekolah dengan jenis pokok bahasan yang dipelajari siswa.(4) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa sebagai pengaruh dari interaksi antara jenis model pembelajaran dengan jenis pokok bahasan yang dipelajari siswa.(5) Terdapat kecenderungan bahwa pada beberapa pokok bahasan hasil belajar kognitif siswa yang belajar dengan model kooperatif investigasi kelompok lebih baik daripada model pengajaran berdasarkan masalah. (6) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif sebagai akibat interaksi antara kategori sekolah dengan jenis model pembelajaran, dan (7) terdapat perbedaan hasil belajar kognitif sebagai akibat interaksi diatara 3 faktor: jenis model pembelajaran, kategorisasi sekoah, dan jenis pokok bahasan yang dipelajari siswa.