TY - JOUR JF - Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 SN - 978-979-96880-5-7 UR - http://fmipa.uny.ac.id ID - UNY12122 A1 - Muji, Sri Prastiwi, S.Pd., M.Pd. TI - IMPLIKASI EVALUASI PROSES KULIAH EVOLUSI MANUSIA PADA DOMAIN AFEKTIF MAHASISWA N2 - Tujuan penelitian ini adalah mengungkap domain afektif mahasiswa bila diajak belajar dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis pada materi evolusi manusia. Pengungkapan implikasi psikologis dan motivasi mahasiswa yang dideteksi adalah nurturant effects dan bukan efek instruksionalnya. Pendekatan pembelajaran konstruktivis diwujudkan dengan student center activities, antara lain kerja langsung (inkuiri, proyek, dan kerja lapangan), kegiatan kelompok (diskusi, debat), belajar kooperatif, kegiatan mandiri meliputi menulis, membaca, berbicara, menjelaskan konsep dan analisa data. Kegiatan yang lain adalah teacher center activities, meliputi ceramah dengan demonstrasi. Peneliti secara kualitatif dan kuantitatif merekam keaktifan, reaksi verbal, motivasi, semangat, keengganan, penolakan, dan penerimaan siswa terhadap kegiatan belajar mengajar evolusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada implikasi afektif mahasiswa selama kegiatan pembelajaran, yaitu adanya perubahan sikap mahasiswa dari tingkat penerimaan ketingkat peresponan dan peningkatan motivasi belajar mahasiswa dalam perkuliahan evolusi manusia. Y1 - 2009/05/16/ KW - Kata kunci: Evaluasi Proses KW - Domain Afektif KW - Pembelajaran Konstruktivis PB - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta AV - public ER -