TY - JOUR ID - UNY12104 UR - http://fmipa.uny.ac.id AV - public A1 - Ani, Rusilowati TI - Diagnosis Kesulitan Belajar Fisika Siswa SD, SMP, Dan SMA Dengan Teknik General Diagnostic Dan Analytic Diagnostic KW - diagnosis KW - kesulitan belajar KW - general diagnostic KW - analytic diagnostic PB - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY N2 - Studi ini bertujuan untuk mendiagnosis kesulitan belajar Fisika siswa mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Dari studi ini diharapkan dapat diketahui materi apa saja yang potensial menimbulkan kesulitan bagi siswa ketika belajar Fisika, serta kesulitan apa saja yang dialami oleh siswa. Populasi penelitian adalah respons siswa SD, SMP, dan SMA di Kota Semarang terhadap tes Fisika. Sampel dipilih secara multistage, diawali dengan stratified sampling dilanjutkan dengan cluster random sampling. Stratified sampling dilakukan untuk menentukan tingkat pendidikan, cluster random sampling untuk menentukan sekolah dan kelas yang dipilih sebagai sampel. Jumlah sekolah yang terpilih sebagai sampel adalah 7 SD, 8 SMP dan 6 SMA masing-masing diambil satu kelas secara random. Teknik diagnostik kesulitan belajar menggunakan teknik general diagnostic dilanjutkan dengan analytic diagnostic. Instrumen yang digunakan adalah tes UAS IPA/Fisika untuk general diagnostic dan tes diagnostik Fisika untuk analytic diagnostic. Hasil penelitian berupa temuan tentang materi Fisika yang dirasakan sulit oleh siswa baik di tingkat SD, SMP, maupun SMA. Secara umum, materi yang potensial menimbulkan kesulitan belajar siswa SD, SMP, SMA adalah Getaran/Gelombang, Kelistrikan dan Kemagnetan. Di samping itu, diketahui pula letak kelemahan siswa ketika mempelajari Fisika serta sumber kesulitan belajar yang dialami siswa. Secara umum, letak kelemahan siswa pada kemampuan terstruktur, khususnya kemampuan menggunakan skema pengetahuan dan membuat strategi penyelesaian masalah. Sumber kesulitan belajar Fisika antara lain disebabkan oleh miskonsepsi, kemampuan matematis, kemampuan mengkonversi satuan, dan kemampuan memahami pengetahuan prasyarat. Kata kunci: diagnosis, kesulitan belajar, general diagnostic, analytic diagnostic Y1 - 2007/08// JF - Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2007 N1 - Pendidikan Fisika-FMIPA Universitas Negeri Semarang SN - 978-979-99314-2-9 ER -