@article{UNY12077, publisher = {Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY}, year = {2007}, title = {Pemodelan Perilaku Pembelian Konsumen Untuk Suatu Produk ( Studi Kasus: Pemodelan Perilaku Pembelian Konsumen Sabun Cuci Piring Sunlight)}, author = {Utami Herni and Suryani Primastuti Indah}, month = {August}, journal = {Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2007}, url = {http://eprints.uny.ac.id/12077/}, keywords = {perilaku pembelian, motivasi, komunikasi, persamaan differensial.}, abstract = {Proses keputusan dari konsumen secara individu dan perilaku pembelian konsumen terhadap suatu produk, dengan harapan dapat membantu suatu perusahaan dalam menentukan strategi pemasaran produk. Dalam makalh ini, akan digunakan persamaan differensial dalam proses pembentukan model untuk memprediksi perilaku pembelian konsumen terhadap suatu jenis produk Perubahan level pembelian dipengaruhi oleh motivasi minat beli, sehingga jika B(t): level pembelian suatu produk pada saat t, M(t): motivasi terhadap suatu produk pada saat t, dan C(t): level komunikasi pemasaran suatu produk pada saat t, maka perubahan level pembelian terhadap waktu bisa dinyatakan dB = b ( M ? {\ensuremath{\beta}} B) , sedangkan perubahan motivasi minat beli konsumen terhadap waktu dt dM bergantung pada variabel C dinyatakan = a ( B ? {\ensuremath{\alpha}} M ) + {\ensuremath{\gamma}} C , dimana a, b, {\ensuremath{\alpha}}, , dan adalah dt konstanta positif. Model perilaku pembelian terhadap suatu produk diperoleh dengan menyelesaikan persamaan diferensial di atas yaitu B = Bc + B p dengan Bc = Ae m1t + Be m2 t dan {\ensuremath{\gamma}} C B = . p a( {\ensuremath{\alpha}}{\ensuremath{\beta}} ? 1 ) Kata kunci: perilaku pembelian, motivasi, komunikasi, persamaan differensial.} }