%0 Thesis %9 S1 %A Kurnia, Deka %B Fakultas Bahasa Dan Seni %D 2012 %F UNY:1207 %I UNY %T UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS XB SMA ISLAM 1 GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/1207/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis argumentasi pada siswa kelas XB SMA Islam 1 Gamping Sleman Yogyakarta dengan menerapkan metode jigsaw. Metode jigsaw digunakan karena mampu mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran menulis argumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XB SMA Islam 1 Gamping Sleman Yogyakarta yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Data diperoleh dengan teknik pengamatan, catatan lapangan, wawancara, angket, dokumentasi dan tes menulis argumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Pengecekan keabsahan data diperoleh melalui tanya jawab dengan teman sejawat dan triangulasi. Kriteria keberhasilan penelitian ini dilihat dari adanya perubahan ke arah perbaikan, baik terkait dengan guru maupun siswa dalam hal proses maupun produk. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, metode jigsaw dalam meningkatkan kemampuan menulis argumentasi pada siswa kelas XB SMA Islam 1 Gamping Sleman Yogyakarta mendapat tanggapan positif dari siswa. Siswa merasa lebih senang dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran menulis argumentasi, hal ini terlihat dari keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Kedua, adanya peningkatan nilai rata-rata menulis argumentasi pada siklus I dan siklus II. Pada saat pratindakan, rata-rata nilai siswa adalah 57,33. Pada akhir siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh siswa meningkat menjadi 70,61 dan pada akhir siklus II nilai rata-rata mencapai 77,04. Dengan demikian, nilai rata-rata menulis argumentasi mengalami peningkatan sebesar 32,26% dari pratindakan hingga siklus II. Selain itu, setiap aspek dalam menulis argumentasi juga mengalami peningkatan. Sampai dengan siklus II, peningkatan yang terjadi meliputi: aspek isi 13,33%, aspek organisasi isi 7,22%, kosa kata 26,94%, penggunaan bahasa 17,54%, serta aspek mekanik penulisan 10,80%, dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode jigsaw mampu meningkatkan kemampuan siswa kelas XB SMA Islam 1 Gamping Sleman Yogyakarta dalam menulis argumentasi. Kata Kunci: Menulis, Argumentasi, Metode Jigsaw