%0 Thesis %9 S2 %A Silalahi, Rohanawati %B Program Pascasarjana %D 2014 %F UNY:12068 %I UNY %K menulis puisi bebas, media lagu medley %T Peningkatan Pembelajaran Menulis Puisi Bebas melalui Media Lagu Medley Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 4 Sintang, Kalbar %U http://eprints.uny.ac.id/12068/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran menulis puisi bebas melalui media lagu medley siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Sintang Kalbar. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Sintang, Kalbar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis dan Taggart. Prosedur pelaksanaan dan implementasi penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data berupa obsevasi, wawancara, catatan lapangan, angket, evaluasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar wawancara, lembar catatan lapangan, lembar angket, lembar tes hasil belajar dan lembar portofolio serta dokumentasi foto kegiatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa nilai hasil belajar siswa sedangkan data kualitatif berupa informasi deskripsi proses pembelajaran siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media lagu medley dapat meningkatkan pembelajaran menulis puisi bebas. Peningkatan proses ditandai dengan meningkatnya perhatian dan keaktifan tampak dalam setiap tahapan menulis puisi bebas. Peningkatan hasil menulis puisi bebas dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata menulis puisi bebas siswa pada setiap siklus. Peningkatan hasil atau produk dapat dilihat dari perbandingan skor rata-rata keterampilan menulis puisi bebas siswa pada setiap siklus. Nilai rata-rata siswa pada tahap pratindakan adalah 55,23, pada saat siklus I meningkat menjadi 71,18, dan pada siklus II meningkat menjadi 73,4.