TY - GEN TI - MODEL PENILAIAN OTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA AV - public ID - UNY1201 UR - http://eprints.uny.ac.id/1201/ Y1 - 2010/12/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku panduan Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa yang sudah tervalidasikan. Kegiatan penelitian berupa pengembangan buku panduan dan hasilnya divalidasikan kepada pakar penilaian (tiga orang) dan guru (lima orang) selaku pemangku kepentingan. Validasi dilakukan lewat pemberian angket dan lembar saran/masukan dan hasilnya dipergunakan untuk memerbaiki draf buku sehingga menghasilkan buku panduan final. Buku panduan yang dikembangkan terdiri atas halaman depan, tiga bab batang tubuh, daftar pustaka, glosarium, dan indeks. Batang tubuh berisi landasan konseptual, penerapan penilaian otentik dalam pembelajaran bahasa, dan pengolahan hasil penilaian otentik. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk buku panduan yang dimaksud baik. Secara konseptual produk buku panduan dapat dipertanggungjawabkan dan sebagai sebuah buku panduan, buku tersebut juga secara relatif mudah diterapkan dalam kegiatan pembelajaran bahasa di sekolah. Menurut para validator buku panduan tersebut juga amat bermanfaat untuk peningkatan kualitas pembelajaran bahasa. Kata Kunci: pembelajaran bahasa, penilaian otentik PB - UNY A1 - Burhan Nurgiyantoro, Prof.Dr. ER -