%0 Journal Article %@ 979-99314-1-X %A Elly, Arliani %A Djamilah Bondan, Widjajanti %D 2006 %F UNY:12001 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY %J Seminar Nasional MIPA 2006: Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA serta Peranannya dalam Peningkatan Keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan %K Kemandirian belajar mahasiswa, Kontrak perkuliahan %T Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Melalui Pendekatan Kontrak Perkuliahan (Learning Contract) dalam Pembelajaran Mata Kuliah Rancangan Percobaan %U http://eprints.uny.ac.id/12001/ %X Kurangnya kemandirian belajar mahasiswa merupakan masalah serius yang perlu segera diupayakan jalan keluarnya. Pengembangan kemandirian belajar pada mahasiswa memerlukan peran serta dosen. Dosen dapat memilih strategi perkuliahan yang dapat membantu meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa. Salah satu strategi tersebut adalah menggunakan pendekatan kontrak perkuliahan. Kontrak perkuliahan (learning contract) merupakan suatu rancangan perkuliahan yang disepakati bersama oleh dosen dan mahasiswa. Kesepakatan antara dosen dan mahasiswa mengenai tujuan pembelajaran yang akan dicapai mahasiswa, pengetahuan dan kemampuan spesifik yang akan dikuasai, kegiatan belajar yang akan dikerjakan, jadwal penyerahan tugas dan ujian, serta bobot penilaian yang disepakati, dituang dalam Rencana Pembelajaran (RP). Dengan adanya kontrak tertulis diharapkan dapat meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa. Penelitian tindakan kelas yang berupa penerapan kontrak perkuliahan, dan bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar ini, dikenakan pada 25 mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UNY yang menempuh mata kuliah Rancangan Percobaan pada semester gasal tahun akademik 2005/2006. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian belajar mahasiswa peserta kuliah dan respon mahasiswa terhadap pembelajaran yang dilaksanakan tergolong sangat positip. Kata kunci: Kemandirian belajar mahasiswa, Kontrak perkuliahan.