%L UNY12000 %X Pembelajaran konvensional yang memiliki kerangka komunikasi satu arah, pada umumnya mengakibatkan siswa kurang memiliki pemahaman matematika secara mendalam. Para siswa menjadi kurang aktif dan mandiri dalam mengekspresikan ide dan gagasannya. Pembelajaran seperti ini sudah tidak sesuai lagi dengan paradigma bahwa pendidikan lebih bersifat student-centered, maka munculah pendekatan 0pen-Ended. Pembelajaran Open-Ended memberi kesempatan pada siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan keterampilan dalam memecahkan masalah kompleks, seperti masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari. Siswa belajar tidak terima jadi, dimana konsep tinggal menggunakan dan akhirnya menghapalkan untuk dilupakan. Pembelajaran open-ended dilakukan dalam kegiatan lesson-study yang merupakan sarana untuk perbaikan pembelajaran yang dilakukan kolaboratif berdasarkan prinsip Plan-Do-See. Key Words : open-ended, Lesson Study %A Nurhayati Ai %K open-ended, Lesson Study %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY %T Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan OPEN-ENDED Melalui Kegiatan LESSON STUDY di SMPN 1 Lembang Kabupaten Bandung %D 2006 %J Seminar Nasional MIPA 2006: Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA serta Peranannya dalam Peningkatan Keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan