TY - THES M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kemampuan menulis cerpen antara kelompok siswa yang diajar menggunakan media ?film pendek? dan kelompok siswa yang diajar tanpa menggunakan media ?film pendek?. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji efektivitas media ?film pendek? dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMAN 1 Wadaslintang, Wonosobo. Desain penelitian menggunakan penelitian eksperimen dengan rancangan control group pretest-posttest design. Variabel dalam penelitain ini ada dua, yaitu (1) variabel bebas berupa media ?film pendek? dan (2) variabel terikat berupa keterampilan menulis cerpen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Wadaslintang, Wonosobo, yang terbagi dalam lima kelas, yaitu kelas X.1, X.2, X.3, X.4, dan X.5, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah dua kelas dengan pembagian satu kelas sebagai kelompok kontrol dan satu kelas sebagai kelompok eksperimen. Sampel diperoleh dengan cara mengundi, dari hasil pengundian diperoleh, kelas X.1 dengan 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X.4 dengan 37 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, yaitu berupa tes menulis cerpen. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi (expert judgement). Uji reliabilitas instrument menggunakan teknik Alpha Cronbach. Hasil perhitungan menunjukkan besarnya reliabilitas adalah 0,869. Teknik analisis data dengan menggunakan uji-t yang kemudian dilanjutkan dengan uji scheffe. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa skor t hitung sebesar 5.521 dengan db 72 dan p sebesar 0,000. Skor p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,050). Sedangkan pretest kontrol dan eksperimen menunjukkan t hitung sebesar 0,521 dengan db 72 dan p sebesar 0,604 (0,604 > 0,050), nilai p lebih besar dari taraf signifikansi 5% maka tidak signifikan Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan menulis cerpen yang signifikan antara kelompok yang diajar dengan menggunakan media ?film pendek? dan yang tidak diajar dengan media ?film pendek?. Hasil perhitungan uji scheffe, diperoleh skor F? hitung (F?h) sebesar 756.919 dengan db 72 dan p sebesar 0.00, skor tersebut dikonsultasikan dengan skor F? tabel. Skor F? tabel (F?t) sebesar 30.485. Dengan demikian skor F? hitung lebih besar daripada skor tabel (F?h. 756.919 > F?t 30.485). Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan menulis cerpen menggunakan media ?film pendek? lebih efektif daripada pembelajaran keterampilan menulis cerpen tanpa menggunakan media ?film pendek?. Kata Kunci : keefektifan, media ?film pendek?, pembelajaran menulis cerpen. UR - http://eprints.uny.ac.id/1198/ ID - UNY1198 Y1 - 2012/// AV - public PB - UNY TI - KEEFEKTIFAN MEDIA FILM PENDEK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMAN 1 WADASLINTANG KEC. WADASLINTANG, KAB. WONOSOBO A1 - Aji, Bayu Seno ER -