TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/11975/ M1 - tesis N2 - Penelitian ini memiliki dua tujuan. Tujuan tersebut yaitu, (1) untuk mengetahui perbedaan keefektifan secara signifikan antara foto berbasis lingkungan sebagai media pembelajaran, lagu berbasis lingkungan, dan tanpa menggunakan media dalam pembelajaran menulis teks naratif, dan (2) untuk mengetahui apakah foto berbasis lingkungan lebih efektif sebagai media pembelajaran daripada lagu berbasis lingkungan dan tanpa menggunakan media dalam pembelajaran menulis teks naratif. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik SMP Negeri kelas VII di Kabupaten Lombok Timur yang telah menerapkan kurikulum 2013. Sampel penelitian yakni kelas VII B SMP Negeri 3 Terara, VII C SMP Negeri 1 Terara, dan VII D SMP Negeri 1 Terara yang diperoleh melalui teknik simple random sampling. Kelas VII B SMP Negeri 3 sebagai kelompok eksperimen I, kelas VII C dan VII D SMP Negeri 1 Terara sebagai kelompok eksperimen II dan kontrol. Data dikumpulkan melalui tes penugasan menulis teks naratif. Data dianalisis menggunakan uji Anava satu jalur (one way anova) yang dilanjutkan dengan uji Scheffe menggunakan SPSS 16.0 for windows. Penelitian ini menghasilkan dua kesimpuln. Pertama, ada perbedaan keefektifan secara signifikan antara foto berbasis lingkungan, lagu berbasis lingkungan, dan tanpa menggunakan media dalam pembelajaran menulis teks naratif, dengan F = 13,444 dan p < 0,05. Kedua, foto berbasis lingkungan lebih efektif sebagai media pembelajaran daripada lagu berbasis lingkungan dan tanpa menggunakan media dalam pembelajaran menulis teks naratif dengan mean difference 7,181 dan sig 0,042 < 0,05 antara foto dan lagu berbasis lingkungan, mean difference 14,126 dan sig < 0,05 antara foto berbasis lingkungan dan tanpa menggunakan media dalam pembelajaran menulis naratif, dan mean difference 6,945 dan sig 0,029 < 0,05 antara lagu berbasis lingkungan dan tanpa menggunakan media dalam pembelajaran menulis teks naratif pada siswa SMP Negeri di Kabupaten Lombok Timur. TI - Perbedaan Keefektifan Foto dan Lagu Berbasis Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran Menulis Teks Naratif Siswa SMP Negeri di Kabupaten Lombok Timur PB - UNY A1 - Milandari, Baiq desi AV - restricted KW - foto berbasis lingkungan KW - lagu berbasis lingkungan KW - menulis teks naratif Y1 - 2014/10/31/ ID - UNY11975 ER -