@article{UNY11956, author = {Rusfidra A.}, title = {Pengembangan Pendidikan MIPA Secara Jarak Jauh: Pengalaman Jurusan Biologi FMIPA Universitas Terbuka}, month = {August}, journal = {Seminar Nasional MIPA 2006: Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA serta Peranannya dalam Peningkatan Keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan}, year = {2006}, publisher = {Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY}, keywords = {pendidikan MIPA jarak jauh, SDM berkualitas, dan universitas terbuka}, abstract = {Pendidikan merupakan pilar utama dalam membangun sumber daya manusia (SDM) yang kreatif, inovatif, cerdas dan terdidik yang dibutuhkan dalam era globalisasi yang ditandai oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam praktek pembelajaran di perguruan tinggi, dikenal dua metode pembelajaran, yaitu pendidikan tinggi tatap muka (konvensional) dan pendidikan tinggi jarak jauh (PTJJ). Pendidikan tatap muka mengharuskan terjadi pertemuan antara dosen dan mahasiswa di dalam kelas pada waktu tertentu, sedangkan pada PTJJ, dosen dan mahasiswa dipisahkan oleh jarak dan waktu. Komunikasi antara dosen dan mahasiswa PTJJ pada umumnya dilakukan melalui surat, telepon, faksimili atau e-mail. Sistem PTJJ merupakan salah satu solusi mengatasi terbatasnya daya tampung pendidikan tinggi tatap muka ketika kebutuhan masyarakat untuk memperoleh pendidikan tinggi semakin meningkat. Dalam kondisi tersebut, perlu dicari alternatif seperti menerapkan PTJJ untuk menyediakan kesempatan belajar di pendidikan tinggi bagi setiap warga bangsa. Dalam konteks ini, gagasan tentang distance learning, universitas virtual, e-learning, open learning, dan flexible learning menjadi komponen penting dalam strategi nasional maupun global untuk mendidik mahasiswa dalam jumlah besar. Hal ini sejalan dengan konsep pendidikan sepanjang hayat (lifelong learning) dan pendidikan untuk semua (education for all) yang diusung UNESCO. Makalah ini dimaksudkan memberikan deskripsi sistem PTJJ ditinjau dari aspek perkembangan konsep PTJJ. Selain itu, juga dielaborasi penerapan pendidikan MIPA secara jarak jauh dengan bercermin pada pengalaman Jurusan Biologi FMIPA, Universitas Terbuka. Berikutnya juga diulas potensi dan tantangan penerapan pendidikan MIPA jarak jauh sebagai sebuah upaya pemerataan kesempatan belajar di pendidikan tinggi dalam rangka meningkatkan mutu SDM dan mengembangkan iptek yang bermanfaat bagi bangsa. Untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas, yaitu masyarakat yang berbasis pengetahuan dan menyediakan kesempatan belajar MIPA di pendidikan tinggi, maka pendidikan MIPA jarak jauh agaknya perlu dikembangkan. Kata kunci : pendidikan MIPA jarak jauh, SDM berkualitas, dan universitas terbuka.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/11956/} }