%J Seminar Nasional MIPA 2006: Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA serta Peranannya dalam Peningkatan Keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan %D 2006 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY %T KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DAN TANTANGANNYA %A Subali Bambang %X Tulisan ini mengetengahkan peluang terimplementasikannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sejalan dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 24 Tahun 2004 tentang pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Hal ini menjadi sangat penting untuk dikaji mengingat banyak tantangan yang dihadapi di lapangan. Dari analisis SWOT dapat dikenali bahwa KTSP akan dapat terimplementasi dengan baik manakala dari implementasinya memperhatikan persyaratan yuridis formal, memperhatikan potensi yang dimiliki oleh setiap satuan pendidikan, harus tersosialisasikan dengan baik, dan setiap komponen satuan pendidikan menyadari tanggungjawabnya sesuai dengan tugas dan fungsi yang diemban. Kata Kunci: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, implementasi kurikulum, Kurikulum berbasis kompetensi %K Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, implementasi kurikulum, Kurikulum berbasis kompetensi %L UNY11941