@phdthesis{UNY11847,
           month = {July},
           title = {Pengembangan Model Pembelajaran Lempar Lembing untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)},
          author = {adhen willy Munendra},
          school = {UNY},
            year = {2014},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/11847/},
        keywords = {pengembangan, model pembelajaran lempar lembing},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran lempar lembing untuk siswa SMP yang layak digunakan. Guru SMP sebagai salah satu bentuk pembelajaran lempar lembing yang baik dan efektif.
Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian pengembangan sebagai berikut: (1) studi pendahuluan, (2) analisis terhadap informasi yang telah dikumpulkan, (3) mengembangkan produk awal (draf produk), (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba skala kecil dan revisi, (6) uji coba lapangan skala besar dan revisi, dan (7) diseminasi produk hasil pengembangan. Uji coba skala kecil dilakukan 20 siawa terhadap siswa kelas 8 SMP Negeri 2 Karangnongko Klaten. Uji coba skala besar dilakukan terhadap 60 siswa kelas 8  SMP Negeri 1 Karangnongko dan SMP Negeri 1 Kemalang Klaten. Instrumen pengumpulan data yang digunakan, adalah: (1) pedoman umum wawancara, (2) skala nilai, dan (3) instrumen observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini berupa buku panduan dan CD model pembelajaran lempar lembing untuk siswa SMP, yang berisikan sepuluh model permainan, yaitu permainan: (a) kasvol; (b) bola estafet; (c) target papan; (d) target bola; (e) lempar angka; (f) perang bola; (g) parsim; (h) tardus; (i) pahsim, dan (j) pahdus. Dari hasil penilaian para ahli materi, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran lempar lembing yang disusun sangat baik dan efektif, sehingga layak digunakan untuk pembelajaran lempar lembing pada siswa SMP.}
}