TY - THES ID - UNY11772 UR - http://eprints.uny.ac.id/11772/ AV - public M1 - tesis TI - Pengaruh Pendekatan Modified Free Inquiry terhadap Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Peserta Didik A1 - Kholilurrohman, Kholilurrohman Y1 - 2013/10/31/ N2 - Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan Modified Free Inquiry terhadap: (1) keterampilan proses sains peserta didik, dan (2) sikap ilmiah peserta didik. Pendekatan ini diimplementasikan dalam pembelajaran biologi pada materi sistem alat indra pada manusia. Jenis penelitian kuasi eksperimen ini mempergunakan desain pretest-posttest with nonequivalent control group design dengan populasi berupa seluruh peserta didik kelas XI MAN Maguwoharjo Yogyakarta pada semester kedua tahun ajaran 2012/2013, dan memanfaatkan 2 kelas XI IPA sebagai kelompok sampel. Kelompok sampel pertama berupa kelas XI IPA 1 berperan sebagai kelas perlakuan/treatment yang mengimplementasikan pendekatan Modified Free Inquiry, dan kelompok sampel kedua berupa kelas XI IPA 2 berperan sebagai kelas kontrol yang mengaplikasikan pendekatan Guided Inquiry. Pembelajaran dalam penelitian ini berlangsung sebanyak 6 kali pertemuan untuk masing-masing kelompok sampel, dan data diperoleh dengan bantuan instrumen pengumpulan data berupa soal tes tertulis multiple choice, lembar observasi keterampilan proses dan sikap ilmiah, dan lembar angket yang diberikan sebelum (pre) dan sesudah (post) pembelajaran. Data hasil penelitian diolah dengan software IBM SPSS 20 for windows, dan uji hipotesis dilakukan melalui analisis multivariat. Hasil penelitian menunjukkan nilai sebesar 0,000 pada masing-masing pendekatan, hal ini berarti: (1) terdapat pengaruh pendekatan Modified Free Inquiry terhadap keterampilan proses sains peserta didik, dan (2) terdapat pengaruh pendekatan Modified Free Inquiry terhadap sikap ilmiah peserta didik. PB - UNY KW - Modified Free Inquiry KW - Guided Inquiry KW - Keterampilan Proses Sains KW - Sikap Ilmiah Peserta Didik ER -