%0 Journal Article
%@ 979-96880-4-3
%A R., Rosnawati
%D 2005
%F UNY:11758
%I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY
%J Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005
%T PENGGUNAAN STRATEGI KOGNITIF DAN METAKOGNITIF  PADA PENYELESAIAN SOAL CERITA MATEMATIKA
%U http://eprints.uny.ac.id/11758/
%X Diperlukan usaha agar proses pembelajaran matematika dapat  mencapai kompetensi siswa secara optimal. Proses pembelajaran saat ini  berpusat pada siswa dan peran guru dinimalkan, pembelajaran  mengoptimalkan kompetensi siswa sehingga dapat menggunakan  pengetahuan yang diperolehnya untuk dapat menyelesaikan  permasalahan dalam kehidupan sehari-hari atau dalam lingkup yang  lebih sempit adalah menyelesaikan soal cerita. Strategi pembelajaran  kognitif dan metakognitif adalah salah satu pembelajaran yang memberi  keleluasaan anak untuk mengkonstrak pengetahuan sehingga dapat  digunakan secara aktif dan kreatif dalam menyelesaikan soal cerita.