%X Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada matakuliah Aljabar Linier Elementer di Jurusan Matematika UNESA kelas 2003A semester gasal 2004-2005. Tindakan yang dilakukan adalah mengimplementasikan pembelajaran yang mengoptimalkan media. Penggunaan media yang dimaksud adalah: OHP, LCD dan Komputer (praktikum). Implementasi tindakan dilaksanakan dalam 7 (tujuh) siklus. Tiap siklus terdiri dari kegiatan merancang Rencana Pembelajaran (RP), implementasi RP (proses pembelajaran), observasi, analisis dan refleksi. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) penggunaan media membantu meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, (2) kelemahan pembelajaran pada suatu siklus secara umum sudah dapat diperbaiki pada siklus berikutnya, walaupun masih ada kelemahan yang terulang pada suatu siklus, (3) dengan penggunaan media, mahasiswa merasa lebih senang, (4) penggunaan media sangat membantu dalam mengefektifkan waktu, (5) praktikum dengan menggunakan soft ware komputer menambah wawasan mahasiswa dan menambah kegairahan mahasiswa untuk memahami materi yang telah diberikan. %A Sulaiman R. %A Wijayanti Pradnyo %L UNY11753 %T PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN MENGOPTIMALKAN MEDIA DAN TEKNOLOGI PADA MATAKULIAH ALJABAR LINEAR ELEMENTER %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY %J Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005 %D 2005