TY - JOUR A1 - Sukisman, Purtadi A1 - Rr., Lis Permana Sari PB - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY Y1 - 2005/02// N2 - Praktikum merupakan bagian yang penting dalam proses pembelajaran kimia. Namun pada pelaksanaannya, sering mengalami kendala. Salah satu di antaranya adalah masalah laporan. Laporan menyita banyak waktu, tidak hanya dalam proses pembuatannya tetapi juga dalam penilaiannya. Pada sisi lain sebenarnya laporan praktikum merupakan media dalam pengembangan salah satu ketrampilan ilmiah, yaitu komunikasi. Dengan keadaan ini perlu dicari sebuah bentuk laporan praktikum yang lebih sederhana yang masih tetap dapat digunakan untuk menilai ketrampilan ilmiah mahasiswa, tidak menghilangkan alur ilmiah dan terlebih lagi tetap mengajarkan pada mahasiswa kimia tentang proses ilmiah itu sendiri. Pada makalah ini akan dibahas kemungkinan penerapan diagram V (ve) untuk memecahkan masalah ini. iagram V (ve) merupakan diagram yang dapat digunakan untuk menjelaskan ide-ide pokok yang memperhatikan dasar pengetahuan dan proses penyusunan pengetahuan di dalam pengajaran laboratorium. Diagram V memberikan alur yang jelas dalam proses penyusunan pengetahuan. Dengan mengikuti alur dalam diagram V, mahasiswa mendapatkan alur inkuiri yang benar dengan sebuah cara yang mudah untuk menampilkan dan memilih kejadian, objek, dan konsep yang relevan. Dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa diagram V dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bentuk laporan praktikum kimia. Diagram ini memiliki beberapa kelebihan, yaitu: 1) dapat dibuat dalam waktu yang singkat, 2) tetap mengikuti alur proses ilmiah, 3) ringkas, dan 4) mudah dalam penilaian. SN - 979-96880-4-3 ID - UNY11726 KW - Diagram V (ve) KW - praktikum kimia KW - laporan praktikum JF - Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005 UR - http://fmipa.uny.ac.id AV - public TI - DIAGRAM V (VE) SEBAGAI ALTERNATIF BENTUK PRAKTIS LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA ER -