TY - JOUR JF - Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005 UR - http://fmipa.uny.ac.id AV - public TI - PERANAN GURU SEBAGAI AKTOR UTAMA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) A1 - Effendi, Nawawi PB - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY Y1 - 2005/// N2 - Tahun Pelajaran 2005-2006, pemerintah Indonesia melalui Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), akan memberlakukan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Perbedaan yang mendasar dengan kurikulum nasional 1994 adalah dari segi pendekatan, dimana dalam KBK menggunakan pendekatan kompetensi dalam proses pembelajaran, hal ini berarti dalam KBK lebih menekankan pada proses dari pada content. Untuk mencapai tujuan kurikulum pada KBK sangatlah bergantung pada guru yang akan mengimplementasikan kurikulum tersebut, sebab guru merupakan actor utama yang akan membawah atau membuat perubahan yang terjadi di dalam kelas. Maka dalam artikel ini akan membahas bagaimana peranan guru dalam mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi (KBK), dan juga tentang cara-cara meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan guru dalam mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi di sekolah, sehingga tujuan kurikulum itu dapat dicapai. SN - 979-96880-4-3 KW - Kurikulum Berbasis Kompetensi KW - peranan guru ID - UNY11722 ER -