TY - JOUR JF - Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005 UR - http://fmipa.uny.ac.id AV - public TI - PAKET PROGRAM PEMBELAJARAN MANDIRI BERORIENTASI PADA VIRTUAL REALITY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP ENERGI SECARA UTUH BAGI MAHASISWA FISIKA FMIPA UNNES A1 - Wahyu, Hardyanto A1 - Supriadi, Rustad A1 - Isa, Akhlis A1 - Sugiyanto, - PB - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY N2 - Dari hasil analisis awal di lapangan, didapatkan hasil bahwa mahasiswa fisika kurang menguasai secara mendalam konsep-konsep fisika yang cenderung abstrak. Salah satunya adalah konsep mengenai energi. Fenomena ini cukup memprihatinkan. Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan dengan cara mengubah pola pembelajaran yang selama ini diterapkan, dari pembelajaran berpusat pada dosen menjadi pembelajaran mandiri (self reguleted learning) yang mengedapankan pengalaman pembelajar dalam kehidupan nyata (virtual reality). Penelitian ini diawali dengan menganalisis konsep energi secara utuh, kemudian membuat paket program pembelajaran dengan bantuan program Borlan Delphi, yang berisi pemodelan konsep-konsep energi tersebut. Kemudian disusun pula sistem evaluasi yang terintegrasi dalam paket pembelajaran tersebut yang dapat merekam seluruh aktifitas pembelajaran baik latihan dan tes, hingga mahasiswa tuntas dalam pembelajarannya. Pembuatan paket pembelajaran mandiri dan sistem evaluasi merupakan variabel bebas, dan penggunaannya dalam perkuliahan akan mempengaruhi variabel terikat yaitu penguasan konsep energi mahasiswa fisika. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Fisika, dan diambil sampel mahasiswa yang mengambil matakuliah Komputasi Fisika semester III. Hasil penelitian ini berupa CD paket program pembelajaran mandiri mengenai konsep energi yang berorientasi pada virtual reality dan sistem evaluasi yang terintegrasi dengan paket program.Berdasarkan hasil tes dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pemahaman mengenai konsep energi yang dicapai oleh mahasiswa setelah menggunakan program ini. Selain itu mahasiswa merasa senang untuk menggunakan CD paket tersebut dan mengharapkan untuk dapat dibuat untuk memudahkan pemahaman konsep-konsep fisika yang lain. Y1 - 2005/02// SN - 979-96880-4-3 KW - Program Pembelajaran Mandiri KW - Virtual Reality ID - UNY11706 ER -