%D 2005 %J Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY %T PENERAPAN TEKNIK BERTANYA DALAM PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA %A Dwikoranto Dwikoranto %X Apabila siswa mendengarkan ceramah terus-menerus sehingga tidak ada timbal balik antara guru dengan siswa, perhatian siswa menjadi berkurang dan kelas tidak hidup. Berdasarkan latar belakang tersebut, dirumuskan permasalahan sebagai berikut : “Apakah penerapan teknik bertanya dalam pengajaran dan pembelajaran kontekstual pada sub pokok bahasan tekanan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa ?” Sehingga pada penelitian ini ditetapkan tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Teknik bertanya merupakan pertanyaan yang dirumuskan dan digunakan dengan tepat sehingga menjadi alat komunikasi yang ampuh antara guru dan siswa. Dalam prosedur penelitian ini guru melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan rencana pelajaran (RP). Kemudian setelah siswa melakukan kegiatan seperti pada LKS, guru mengajukan pertanyaan yang telah disusun secara sistematis. Rancangan dalam penelitian ini mempunyai model deskriptif kualitatif dengan desain penelitian “One Shoot Case Study” yang mana penelitian dilakukan tanpa adanya kelompok pembanding dan tanpa pretest. Data yang diperoleh adalah nilai evaluasi siswa, jawaban siswa dari pertanyaan yang diajukan guru setelah kegiatan pada LKS, hasil pengamatan pada kegiatan yang dilakukan siswa sesuai LKS, dan penilaian pada hasil karya siswa. Dari analisis data tersebut khususnya melalui analisis jawaban siswa, dapat disimpulkan bahwa siswa menjadi aktif dan antusias untu menjawab pertanyaan- pertanyaan melalui penerapan teknik bertanya dalam pengajaran dan pembelajaran kontekstual %L UNY11702