%0 Journal Article %@ 979-96880-4-3 %A Jumadi, dkk %D 2005 %F UNY:11683 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY %J Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005 %K Efektivitas, layanan akademik, prestasi akademik, penilaian kinerja, seminar hasil %T USAHA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PRAKTIKUM ELEKTRONIKA I MELALUI SEMINAR HASIL DAN PENILAIAN KINERJA MAHASISWA %U http://eprints.uny.ac.id/11683/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan model yang paling efektif dalam pelaksanaan Praktikum Elektronika I di Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta sehingga akuntabilitas layanan akademik lebih operasinal dan profesional. Sebagai tolok ukur efektivitas adalah kemampuan akademik yang diperoleh mahasiswa setelah melakukan praktikum, serta kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik dalam praktikum. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) terhadap mahasiswa program studi Pendidikan Fisika kelas non reguler, yang terdiri dari tiga siklus. Siklus pertama adalah layanan praktikum secara konvensional yang hanya meliputi kegiatan percobaan dan penyusunan laporan, sedangkan siklus kedua adalah modifikasi dari siklus pertama yakni dengan menambahkan kegiatan seminar hasil percobaan setelah mahasiswa selesai melakukan beberapa percobaan. Siklus ketiga merupakan modifikasi modifikasi siklus pertama dengan menambahkan penilaian kinerja pada saat mahasiswa melakukan percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketiga model layanan akademik dalam Praktikum Elektronika I, model konvensional yang dipadu dengan seminar hasil percobaan paling efektif dalam meningkatkan kemampuan dan kepuasan mahasiswa dan paling visible untuk dilakukan.