TY - THES AV - public KW - pendekatan IPA Terpadu KW - keterlaksanaan KW - pembelajaran TI - Keterlaksanaan Program Pembelajaran IPA Terpadu SMP Negeri di Kota Jayapura M1 - tesis ID - UNY11655 UR - http://eprints.uny.ac.id/11655/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) keterlaksanaan pembelajaran IPA dengan pendekatan IPA Terpadu di SMP negeri di Kota Jayapura, dan (2) sejauh mana keterlaksanaan dipengaruhi oleh faktor-faktor yang melekat pada guru, yang meliputi latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, beban mengajar, dan usia guru. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan teknik pengumpulan data melalui sensus dengan subjek penelitian semua guru IPA SMP negeri di Kota Jayapura yang berjumlah 45 orang guru dan tersebar di 14 sekolah. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket yang terdiri dari: (1) angket perolehan informasi tentang pendekatan IPA Terpadu, (2) angket pemahaman tentang pendekatan IPA Terpadu, (3) angket keterlaksanaan pendekatan IPA Terpadu, dan (4) angket upaya pengembangan diri. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan mendeskripsikan dan memaknai data dari aspek-aspek yang diteliti. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Keterlaksanaan Pendekatan IPA Terpadu dalam pembelajaran IPA di SMP negeri di Kota Jayapura, meliputi: (a) aspek perolehan informasi tentang pendekatan IPA Terpadu, 77,8% guru menyatakan informasi yang diterima tentang pendekatan IPA Terpadu jelas, b) aspek pemahaman tentang pendekatan IPA Terpadu, 95,55% guru menyatakan paham tentang pendekatan IPA Terpadu, c) aspek keterlaksanaan pendekatan IPA Terpadu, 100% atau semua guru tidak melaksanakan pendekatan IPA Terpadu, d) aspek upaya pengembangan diri, 73,33% guru upaya pengembangan dirinya masih kurang, (2) Hubungan aspek keterlaksanaan dengan faktor-faktor yang melekat pada guru, sebagai berikut: a) perolehan informasi tentang pendekatan IPA Terpadu, pemahaman tentang pendekatan IPA Terpadu, keterlaksanaan pendekatan IPA Terpadu dan upaya pengembangan diri guru tidak bergantung kepada latar belakang pendidikan guru, b) perolehan informasi tentang pendekatan IPA Terpadu, pemahaman tentang pendekatan IPA Terpadu, keterlaksanaan pendekatan IPA Terpadu dan upaya pengembangan diri guru tidak bergantung kepada pengalaman mengajar guru, c) perolehan informasi tentang pendekatan IPA Terpadu, pemahaman tentang pendekatan IPA Terpadu, keterlaksanaan pendekatan IPA Terpadu dan upaya pengembangan diri guru tidak bergantung kepada beban mengajar guru, d) perolehan informasi tentang pendekatan IPA Terpadu, pemahaman tentang pendekatan IPA Terpadu, keterlaksanaan pendekatan IPA Terpadu dan upaya pengembangan diri guru tidak bergantung kepada usia guru. Y1 - 2013/07/31/ PB - UNY A1 - Akobiarek, Maik Nataniel Ruben ER -