TY - THES KW - motivasi kerja KW - kinerja guru KW - dan pascasertifikasi guru AV - public TI - Profil Motivasi Kerja dan Kinerja Guru Fisika SMA Negeri Kabupaten Purworejo Pascasertifikasi Guru M1 - tesis ID - UNY11649 UR - http://eprints.uny.ac.id/11649/ Y1 - 2013/06/29/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) profil motivasi kerja guru fisika SMA Negeri Kabupaten Purworejo pascasertifikasi guru, (2) profil kinerja guru fisika SMA Negeri Kabupaten Purworejo pascasertifikasi guru, dan (3) hubungan antara motivasi kerja guru fisika dengan kinerja guru fisika SMA Negeri Kabupaten Purworejo pascasertifikasi guru. Populasidan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru fisika SMA Negeri di Kabupaten Purworejo yang telah lulus sertifikasi guru dengan jumlah 20 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket (penilaian diri) untuk melihat motivasi kerja guru fisika,sedangkan untuk melihat kinerja guru fisika pada aspek perencanaan pembelajaran menggunakan metode dokumentasi. Kinerja guru fisika pada aspek pelaksanaan dan penilaian pembelajaran menggunakan metode observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Untuk mengetahui profil motivasi kerja guru fisika dan kinerja guru fisika dilakukan dengan kategorisasi tingkat kecenderungan pada variabel. Untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara motivasi kerja guru fisika dengan kinerja guru fisika dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan deskriptif dan kategorisasi diperoleh bahwa:(1) profil motivasi kerja guru fisika SMA Negeri Kabupaten Purworejo pascasertifikasi guru berada pada interval X ?> 4,2 dengan kategori sangat baik. (2) Profil kinerja guru fisika dibagi menjadi dua (2) aspek yaitu : aspek perencanaan pembelajaran serta pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Kinerja guru ada aspek perencanaan pembelajaran berada pada interval X ?> 4,2 dengan katergori sangat baik,sedangkan pada aspek pelaksanaan dan penilaian pembelajaran berada pada interval X ?> 4,2 dengan kategori sangat baik. (3) Terdapat hubungan yang positif antara motivasi kerja guru fisika dengan kinerja guru fisika pada aspek perencanaan pembelajaran dan terdapat hubungan yang positif antara motivasi kerja guru fisika dengan kinerja guru fisika pada aspek pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. A1 - Kurniasari, Hanifah Dwi PB - UNY ER -