%T Studi Kesiapan SMA N Kota Magelang untuk Implementasi Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah %D 2013 %I UNY %L UNY11646 %X Penelitian ini merupakan survei sensus menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran kesiapan SMA N Kota Magelang untuk implementasi pembelajaran biologi berbasis masalah; (2) SMA negeri di Kota Magelang yang terkategorikan siap untuk implementasi pembelajaran biologi berbasis masalah; (3) SMA negeri di Kota Magelang yang terkategorikan kurang siap/tidak siap untuk implementasi pembelajaran biologi berbasis masalah; dan (4) komponen sekolah yang harus ditingkatkan kesiapannya pada SMA yang terkategori kurang siap/tidak siap untuk dapat mengimplemen-tasikan pembelajaran biologi berbasis masalah. Populasi dan sampel penelitian ini adalah kelima SMA negeri yang terdapat di Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data penelitian ini terdiri dari: angket, wawancara, observasi, penilaian, dan tes. Kevalidan instrumen penelitian diuji melalui expert judgments oleh dosen ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara umum SMA N Kota Magelang terkategorikan“siap” untuk implementasi pembelajaran biologi berbasis masalah sebab semua komponen sekolah terkategorikan“siap”, yakni kesiapan guru biologi sebesar 66,43%, kesiapan sarana dan prasarana sebesar 74,82%, kesiapan kepala sekolah sebesar 78,30%, dan kesiapan peserta didik sebesar 68,59%; (2) SMA A, SMA B, SMA C, dan SMA D terkategorikan “siap” untuk implementasi pembelajaran biologi berbasis masalah; (3) SMA E terkategorikan “kurang siap” untuk implementasi pembelajaran biologi berbasis masalah; (4) Kesiapan komponen kepala sekolah pada SMA E harus ditingkatkan agar dapat mengimplementasikan pembelajaran biologi berbasis masalah. %A Dian Sudi Hadiningrum %K kesiapan untuk implementasi pembelajaran biologi berbasis masalah, SMAN Kota Magelang