@phdthesis{UNY11646, school = {UNY}, year = {2013}, month = {August}, title = {Studi Kesiapan SMA N Kota Magelang untuk Implementasi Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah}, author = {Dian Sudi Hadiningrum}, keywords = {kesiapan untuk implementasi pembelajaran biologi berbasis masalah, SMAN Kota Magelang}, url = {http://eprints.uny.ac.id/11646/}, abstract = {Penelitian ini merupakan survei sensus menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran kesiapan SMA N Kota Magelang untuk implementasi pembelajaran biologi berbasis masalah; (2) SMA negeri di Kota Magelang yang terkategorikan siap untuk implementasi pembelajaran biologi berbasis masalah; (3) SMA negeri di Kota Magelang yang terkategorikan kurang siap/tidak siap untuk implementasi pembelajaran biologi berbasis masalah; dan (4) komponen sekolah yang harus ditingkatkan kesiapannya pada SMA yang terkategori kurang siap/tidak siap untuk dapat mengimplemen-tasikan pembelajaran biologi berbasis masalah. Populasi dan sampel penelitian ini adalah kelima SMA negeri yang terdapat di Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data penelitian ini terdiri dari: angket, wawancara, observasi, penilaian, dan tes. Kevalidan instrumen penelitian diuji melalui expert judgments oleh dosen ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara umum SMA N Kota Magelang terkategorikan?siap? untuk implementasi pembelajaran biologi berbasis masalah sebab semua komponen sekolah terkategorikan?siap?, yakni kesiapan guru biologi sebesar 66,43\%, kesiapan sarana dan prasarana sebesar 74,82\%, kesiapan kepala sekolah sebesar 78,30\%, dan kesiapan peserta didik sebesar 68,59\%; (2) SMA A, SMA B, SMA C, dan SMA D terkategorikan ?siap? untuk implementasi pembelajaran biologi berbasis masalah; (3) SMA E terkategorikan ?kurang siap? untuk implementasi pembelajaran biologi berbasis masalah; (4) Kesiapan komponen kepala sekolah pada SMA E harus ditingkatkan agar dapat mengimplementasikan pembelajaran biologi berbasis masalah.} }