eprintid: 11631 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/01/16/31 datestamp: 2014-12-10 04:32:42 lastmod: 2019-05-08 15:20:52 status_changed: 2014-12-10 04:32:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wijayanti, Tri title: Keefektifan Pendekatan CTL Berbantuan Alat Peraga dan Pendekatan Problem Solving Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematikadan Religiusitas Siswa ispublished: pub subjects: F4 divisions: pps_math full_text_status: public keywords: CTL, problem solving, konvensional, prestasi belajar matematika, religiusitas abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keefektifanpendekatan CTLberbantuan alatperaga, problem solving,danpembelajarankonvensional masing-masing ditinjau dari prestasi belajar matematikadan religiusitas siswa, (2) mendeskripsikan adanya pengaruh gabungan (interaksi) jenis sekolah dan pendekatan pembelajaran terhadap prestasi belajar dan religiusitas siswa, (3) menentukan jenis pendekatan tertentu tepat untuk jenis sekolah tertentu ditinjau dari prestasi belajar matematikadan religiusitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment (eksperimen semu). Populasi penelitian mencakup siswa kelas VII SMP N 1 Seyegandan SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta sebagai sekolah berbasis pesantren. Sampel diambil tiga kelas secara acak yaitu dua kelas eksperimen (CTL dan problem solving) dan satu kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes dan instrumen non tes. Instrumen tes menggunakan tes prestasi belajar dan instrumen non tes menggunakan angket religiusitas. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dan konstruk. Estimasi reliabiltas menggunakan alpha Cronbach. Pengujian keefektifan pendekatan CTL, problem solving, dan pembelajarankonvensional pada masing-masing variabel prestasi belajar dan religiusitas menggunakan statistik uji ¬paired-sample t-test pada taraf signifikansi 5%, kemudian untuk mengetahui interaksi antara jenis pendekatan dan jenis sekolah, data dianalisis menggunakan MANCOVA dengan dua variabel dependen dan dua kovariat pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pendekatan CTL berbantuan alat peraga, problem solving, dan pembelajarankonvensional masing-masing efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika dan religiusitas siswa,(2) ada pengaruh gabungan (interaksi) sekolah dan pendekatan pembelajaran terhadap prestasi belajar matematikadan religiusitas siswa,(3) pendekatan CTL tepat diterapkan di sekolah manapun baik sekolah negeri maupun pesantren, pendekatan problem solving tepat diterapkan di sekolah manapun baik sekolah negeri maupun pesantren, serta pembelajaran konvensional tepat diterapkan di sekolah pesantren ditinjau dari prestasi belajar matematika. Namun, dari ketiga pendekatan yang paling baik diterapkan adalah pendekatan CTL, dan (4) pendekatan CTL tepat diterapkan di sekolah manapun baik negeri maupun pesantrenditinjau dari religiusitas siswa. date: 2013-07-31 date_type: published institution: UNY department: Program Pascasarjana thesis_type: tesis citation: Wijayanti, Tri (2013) Keefektifan Pendekatan CTL Berbantuan Alat Peraga dan Pendekatan Problem Solving Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematikadan Religiusitas Siswa. S2 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/11631/7/tesis-tri-wijayanti-11709251048.swf