TY - THES AV - public A1 - Mulhamah, Mulhamah PB - UNY TI - Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Himpunan Menggunakan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa MTs Al-Ishlahuddiny Lombok Y1 - 2013/09/30/ KW - pengembangan KW - perangkat pembelajaran matematika KW - pendekatan kontekstual ID - UNY11611 UR - http://eprints.uny.ac.id/11611/ M1 - tesis N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan dan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika materi himpunan menggunakan pendekatan kontekstual untuk siswa MTs Al-Ishlahuddiny Lombok, yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang mengembangkan perangkat pembelajaran meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan siswa, dan tes hasil belajar. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model 4-D dari Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yang telah dimodifikasi sehingga hanya memuat tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Langkah-langkah pengembangan dalam penelitian ini meliputi tahap pendefinisian (analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis materi, analisis tugas, dan perumusan indikator), perancangan (prosedur pelaksanaan penelitian, pemilihan media, dan perancangan awal), dan pengembangan (validasi ahli/praktisi, uji coba keterbacaaan perangkat, uji coba instrumen, dan uji coba lapangan). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Al-Ishlahuddiny Lombok. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi untuk kevalidan silabus, RPP, LKS, dan THB, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes hasil belajar. Seluruh instrumen telah divalidasi dan dinilai layak untuk digunakan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan mengkonversi total skor aktual yang dikategorikan menjadi lima kriteria dan analisis data kualitatif digunakan dalam kerangka bahan masukan untuk revisi perangkat. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan kontekstual yang meliputi silabus, RPP, dan LKS yang berkualitas dan layak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing silabus, RPP, dan LKS sangat valid, sangat praktis, dan efektif. ER -