eprintid: 1143 rev_number: 10 eprint_status: archive dir: disk0/00/00/11/43 datestamp: 2012-06-28 01:46:14 lastmod: 2019-10-02 02:15:44 status_changed: 2012-06-28 01:46:14 type: other metadata_visibility: show creators_name: Samsul Maarif, Drs., M.A. title: STUDI EKSPERIMENTAL: TEKNIK NON-KONVENSIONAL DAN TEKNIK KONVENSIONAL DALAM MEMAHAMI TEKS-TEKS BAHASA INGGRIS MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FBS UNY ispublished: pub subjects: E4 divisions: fbs_jurdik_inggris_pend_bahasa_inggris full_text_status: public abstract: Penelitian yang berjudul ‘Studi Eksperimental: Teknik Non-konvensional dan Teknik Konvensional dalam Memahami Teks-teks Bahasa Inggris Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNY’ bertujuan mendeskripsikan efektivitas teknik non-konvensional dan teknik konvensional dalam memahami teks-teks bahasa Inggris. Secara terperinci, tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan memahami teks-teks bahasa Inggris mahasiswa semester I dan III Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNY, (2) mendeskripsikan penerapan teknik non-kon¬ven¬sional dan konvensional dalam memahami teks-teks bahasa Inggris, dan (3) mendeskripsikan efektivitas penerapan kedua teknik mem-baca tersebut di atas. Penelitian ini menggunakan subjek mahasiswa program studi pendidikan bahasa Inggris yang menempuh mata kuliah Reading I dan III. Pemilihan sampel semester I dan III didasarkan pada suatu alasan bahwa kedua mata kuliah tersebut ditawarkan pada semester gasal dan mahasiswa tersebut masih memiliki mata¬kuliah Reading II dan IV yang ditempuh pada semester berikutnya sehingga mereka bisa mengaplikasikan metode yang tepat. Karena jumlah mahasiswa terlalu banyak, maka sistem sampling diterap¬kan. Teknik pemilihan sampel menggunakan stratified random sampling. Tempat penelitian di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNY. Teknik pengumpulan data terdiri atas dua jenis instru¬mentasi, yakni dengan teknik tes dan non-tes. Teknik tes berupa tes reading comprehension untuk mengukur kemampuan membaca mahasiswa. Selain itu, penelitian juga menggunakan teknik non-tes yang berupa questioner dan wawancara yang bertujuan untuk mengetahui sikap dan pendapat mahasiswa terkait kedua penerapan teknikpembelajaran Reading tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan me¬mahami teks-teks bahasa Inggris mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Inggris masih rendah, (2) mahasiswa lebih menyukai pene¬rapan teknik non-konvensioanl dibandingkan dengan teknik kon¬vensioanl, dan (3) teknik non-konvensioanl lebih efektif diban¬ding¬kan dengan teknik konvensioanl yang dapat dilihat dari kenaikan rerat skor pre-tes dan pos-tes. Kata Kunci: Teknik non-konvensional, teknik konvensioanl FBS, 2008 (PEND. BHS INGGRIS) date: 2008 date_type: published publisher: UNY citation: Samsul Maarif, Drs., M.A. (2008) STUDI EKSPERIMENTAL: TEKNIK NON-KONVENSIONAL DAN TEKNIK KONVENSIONAL DALAM MEMAHAMI TEKS-TEKS BAHASA INGGRIS MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FBS UNY. UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/1143/1/Samsul_Maarif.pdf