@misc{UNY1143, year = {2008}, publisher = {UNY}, author = {Drs., M.A. Samsul Maarif}, title = {STUDI EKSPERIMENTAL: TEKNIK NON-KONVENSIONAL DAN TEKNIK KONVENSIONAL DALAM MEMAHAMI TEKS-TEKS BAHASA INGGRIS MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FBS UNY}, abstract = {Penelitian yang berjudul ?Studi Eksperimental: Teknik Non-konvensional dan Teknik Konvensional dalam Memahami Teks-teks Bahasa Inggris Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNY? bertujuan mendeskripsikan efektivitas teknik non-konvensional dan teknik konvensional dalam memahami teks-teks bahasa Inggris. Secara terperinci, tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan memahami teks-teks bahasa Inggris mahasiswa semester I dan III Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNY, (2) mendeskripsikan penerapan teknik non-kon?ven?sional dan konvensional dalam memahami teks-teks bahasa Inggris, dan (3) mendeskripsikan efektivitas penerapan kedua teknik mem-baca tersebut di atas. Penelitian ini menggunakan subjek mahasiswa program studi pendidikan bahasa Inggris yang menempuh mata kuliah Reading I dan III. Pemilihan sampel semester I dan III didasarkan pada suatu alasan bahwa kedua mata kuliah tersebut ditawarkan pada semester gasal dan mahasiswa tersebut masih memiliki mata?kuliah Reading II dan IV yang ditempuh pada semester berikutnya sehingga mereka bisa mengaplikasikan metode yang tepat. Karena jumlah mahasiswa terlalu banyak, maka sistem sampling diterap?kan. Teknik pemilihan sampel menggunakan stratified random sampling. Tempat penelitian di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNY. Teknik pengumpulan data terdiri atas dua jenis instru?mentasi, yakni dengan teknik tes dan non-tes. Teknik tes berupa tes reading comprehension untuk mengukur kemampuan membaca mahasiswa. Selain itu, penelitian juga menggunakan teknik non-tes yang berupa questioner dan wawancara yang bertujuan untuk mengetahui sikap dan pendapat mahasiswa terkait kedua penerapan teknikpembelajaran Reading tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan me?mahami teks-teks bahasa Inggris mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Inggris masih rendah, (2) mahasiswa lebih menyukai pene?rapan teknik non-konvensioanl dibandingkan dengan teknik kon?vensioanl, dan (3) teknik non-konvensioanl lebih efektif diban?ding?kan dengan teknik konvensioanl yang dapat dilihat dari kenaikan rerat skor pre-tes dan pos-tes. Kata Kunci: Teknik non-konvensional, teknik konvensioanl FBS, 2008 (PEND. BHS INGGRIS) }, url = {http://eprints.uny.ac.id/1143/} }