TY - GEN A1 - Rachmat Nurcahyo, S.S. AV - public ID - UNY1136 Y1 - 2008/// PB - UNY TI - MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN MATA KULIAH SUSASTRA UR - http://eprints.uny.ac.id/1136/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan ber�pikir kritis mahasiswa di kelas susastra, terutama kelas Prose di Pendidikan Bahasa Inggris, merancang metode dan bahan ajwa yang tepat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa, dan mengetahui dampak penggunaan metode dan bahan ajar tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kelas (Classroom Action Research) dengan seting dua kelas Prose di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UNY. Data yang dikumpulkan merupakan data kualitatif, yang dikumpulkan melalui proses pencatatan, dokumen�tasi, dan wawancara. Data juga diperoleh melalui observasi pem�belajaran yang didapatkan dari field note. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pada mahasiswa pada awal perkuliahan belum memiliki kemampuan berpikir kritis yang memadai. Hal ini dibuktikan dengan belum adanya maha�siswa yang mampu mencapai tahap create dalam membangun argument. Siklus I, II, dan III mengahsilkan bahwa metode Guided Critical Thinking mampu memberikan keleluasan mahasiswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Metode ini ber�orien�tasi pada eksplorasi teks dan permasalahan di dalamnya. Metode ini dibarengi dengan pendekatan komunikatif dalam penyampaiannya. Pada akhir siklus, mahasiswa menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis mereka menigkat. Hal ini dapat dilihat dari ke�mampu�an mereka memenuhi unsur recognize, understand, analyze, evaluate, dan create. Selain itu, semua mahasiswa juga berargumen dengan memenuhi prinsip AREL (Assertion, Reasoning, Evidence, dan Link Back). FBS, 2008 (PEND. BHS INGGRIS) ER -